Post Reply 
 
Thread Rating:
  • 0 Votes - 0 Average
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Wisata Di Sekitar Salatiga (Kabupaten Semarang)
Objek Wisata Kabupaten Semarang SIP Jos

[Image: gedung-songo.jpg]

Penggaron
# Lokasi : Kota Ungaran
# Jarak tempuh :
* Penggaron - Kota Ungaran : 2 km
* Penggaron - Kota Semarang : 15 km

# Daya Tarik :
* Wisata Alam: Panorama alam pegunungan dengan hawa yang sejuk, dan terdapat pemandian air panas.
* area perkemahan
* Lapangan Golf

# Daya Dukung Wisata :
* Tempat bermain anak-anak, Hawa sejuk

# Deskripsi :
Wanawisata Penggaron merupakan lokasi pengamatan burung (bird watching) yang cukup bagus. Selain lokasinya yang sangat dekat dengan kota, Wanawisata Penggaron juga memiliki koleksi hidupan liar terutama burung yang cukup banyak dan menarik. SBC mencatat setidaknya 97 spesies yang terdapat dalam wanawisata tersebut. Dengan beberapa spesies yang menarik seperti Merak Hijau, Elang Ular Bido, Kadalan Birah, Kadalan Kembang dan beberapa raptor migran.

Siwarak (Tirto Agung)
# Lokasi : Desa Siwarak, Kec. Ungaran
# Jarak tempuh :
* Siwarak - Kota Ungaran : 2 km
* Siwarak - Kota Semarang : 23 km

# Daya Tarik :
* Kolam Renang: dengan mata air alami yang bersih dan sehat
* Pemandangan yang indah
* Kolam Pemancingan

# Daya Dukung Wisata :
* Warung makan dengan aneka makanan khas, dekat dengan hotel Indrakila

Semirang
* Lokasi : Desa Gogik Kec. Ungaran
* Jarak tempuh :
o Semirang - Kota Ungaran : 5 km
o Semirang - Kota Semarang : 25 km

* Daya Tarik :
o Wisata Alam
o Air terjun
o hawa sejuk, pemandangan alam yang indah bernuansa pedesaan

Palagan Ambarawa
* Lokasi : Pusat Kota Ambarawa
* Jarak tempuh :
o Palagan - Kota Ungaran : 15 km
o Palagan - Kota Semarang : 35 km

* Daya Tarik :
o Wisata Sejarah: Museum senjata yang digunakan pejuang RI pada waktu perang kemerdekaan
o Monumen: monumen tonggak sejarah bangsa indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan

* Daya Dukung Wisata :
o Dekat dengan Museum kereta api
o Transportasi mudah

* Deskripsi :
Adalah sebuah monumen sejarah Bangsa Indonesia yang dilengkapi dengan museum yang mempunyai koleksi persenjataan kuno peninggalan penjajah. Lokasinya pun mudah dijangkau, karena berada dipinggir jalan utama Semarang Jogja serta dekat dengan wisata musium kerata api karena letaknya dikota Ambarawa.

Bandungan
* Lokasi : Keluranan Bandungan, Kec. Ambarawa
* Jarak tempuh :
o Bandungan - Kota Ungaran : 12 km
o Bandungan - Kota Ambarawa : 7 km
o Bandungan - Kota Semarang : 23 km

* Daya Tarik :
o Wisata Alam : wisata olah raga (jogging dangan hawa pegunungan, kolam renang dengan mata air alami, lap. tennis)
o hawa sejuk, pemandangan alam yang indah bernuansa pedesaan/pegunungan
o Pasar Bunga, sayur dan Buah segar
o tempat konferensi
o Area Perkemahaan
o Tempat Peristirahatan

* Daya Dukung Wisata :
o Hotel Berbintang
o Hotel Melati
o Pasar Buah, Bunga dan sayur-mayur segar (langsung dari petani)

* Deskripsi :
Merupakan tempat peristirahatan dengan kesegaran udara dalam suasana alam pegunungan penuh pesona lengkap dengan fasilitas tempat rekreasi.terdapat pula Pasar tradisional yang menyediakan sayur mayur khas Bandungan, Taman bermain anak-anak dan taman bagi orang dewasa serta kolam renang dengan kelengkapan berbagai fasilitasnya

Candi Gedong Songo

* Lokasi : Desa Candi, Kec. Ambarawa
* Jarak tempuh :
o Gedong Songo - Kota Ungaran : 19 km
o Gedong Songo - Kota Ambarawa : 14 km
o Gedong Songo - Kota Semarang : 36 km
* Daya Tarik :
o Wisata Sejarah: Salah satu penginggalan Hindu Syailendra pada abad IX (tahun 927 M)
o Wisata Alam: Panorama alam pegunungan dengan hawa yang sejuk, dan terdapat pemandian air panas.
o Area perkemahan, Panjat tebing Alam, Dinding Panjat Buatan

* Daya Dukung Wisata :
o Hotel (dengan paket murah)
o Jasa Kuda sebagai transportasi

* Deskripsi :
Sebuah komplek candi yang berada di kaki Gunun Ungaran,tepatnya di Desa Candi, Kecamata Ambarawa yang berjarak 9 km dari kota Ambarawa dan 12 km dari kota Ungaran. Ditemukan oleh Raffles pada tahun 1804 Candi Gedongsong termasuk salah satu peninggalan budaya Hindu dari zaman Wangsa Sanjaya pada abad IX (tahun 921 M).Juga merupakan wisata alam dengan hawa yang sejuk dan pemandangan alamnya yang indah juga dilengkapi pula dengan pemandian air panas, area perkemahan, wisata berkuda, Wahana panjat tebing alam dan buatan. Disekitar lokasi juga terdapat Penginapan dan hotel.

Sido Mukti
# Lokasi : Desa Sidomukti, Kecamatan Bandungan
# Jarak tempuh :
* Sidomukti - Kota Ungaran : 12 km
* Sidomukti - Kota Ambarawa : 7 km
* Sidomukti - Kota Semarang : 23 km

# Daya Tarik :
* Kolam Renang: dengan mata air alami pegununganyang bersih dan sehat
* Pemandangan yang indah
* Berbagai wahana permainan Outbound
* Flying Fox terpanjang di Asia Tenggara

# Daya Dukung Wisata :
* Wahana Outbound yang sangat lengkap
* Transportasi kuda wisata
* Villa
* Homestay murah

# Deskripsi :
Sidomukti merupakan wisata dengan konsep REAL atau Recreation (hiburan), Education (pendidikan), Adventure (petualangan), dan Leisure (pengisian waktu senggang). Di lahan PT PAS seluas 36 hektare tersebut, kini juga digunakan untuk outbound dan bumi perkemahan modern. Ada pula sekitar 400 hektare lahan Perhutani yang layak untuk wisata hutan

Bukit Cinta
* Lokasi : Desa Rowo Pening, Kec. Banyubiru
* Jarak tempuh :
o Blater - Kota Ungaran : 15 km
o Dari jalan raya soekarno-Hatta : 7,5 km
o Berada di lereng Gunung Ungaran

* Daya Tarik :
o Wisata Alam: Tepi Rawa Pening dengan panorama yang indah
o Tempat memadu kasih pasangan pengantin baru

* Daya Dukung Wisata : Warung dengan sajian khas pecel lele, sate kerang, dan makanan ikan air tawar.

* Deskripsi :
Terletak di Ds. Kebundowo dengan panorama Rawa Pening yang mempunyai hamparan air membiru serta pesona hijaunya bukit Brawijaya dan dapat dimanfaatkan sebagai obyek wisata, tempat untuk menikmati pemandangan telaga dan pangkalan perahu-perahu wisata yang mengelilingi telaga, dilengkapi tempat parkir dan gardu pandang dan taman bermain anak. Secara umum, berpotensi sebagai kawasan pusat olah raga perairan bagi Rawa Pening seperti dayung, ski air, para sailing dsb.

Museum Kereta Api Ambarawa

# Lokasi : Pusat Kota Ambarawa
# Jarak tempuh :
* Museum KA - Kota Ungaran : 15 km
* Museum KA - Kota Semarang : 35 km

# Daya Tarik :
* Wisata Sejarah: Satu-satunya museum peninggalan berteknologi kuno di Indonesia yang digunakan sebagai alat transportasi Bangsa Indonesia sebelum kemerdekaan sampai dengan tahun tahun 1964
* Nilai historis dari alat transportasi berupa ketel uap yang merupakan implikasi penemuan mesin uap oleh James Watt.
* Menyediakan paket wisata menumpang kereta api tenaga uap melalui rel bergerigi.

# Daya Dukung Wisata :
* Sejumlah hotel melati dan bintang
* Transportasi mudah

Rawa Pening
# Lokasi :
Di lereng gunung Merbabu, Telomoyo, Ungaran dan Kendali Sodo. Berada diwilayah kecamatan Ambarawa, Bawen, Tuntang dan Banyubiru.
# Jarak tempuh :
* Rawa Pening - Kota Ungaran : 15 km
* Rawa Pening - Kota Semarang : 45 km
* Rawa Pening - Kota Salatiga : 5 km

# Daya Tarik :
* Wisata Tirta: dengan perahu tradisional
* area pemancingan alam
* Penghasil enceng gondok sebagai bahan kerajinan
* Sumber mata pencaharian nelayan dan petani ikan.
* sebagai sarana pembangkit listrik
* Obyek fotografi yang sangat mempesona

# Daya Dukung Wisata :
* Tempat bermain anak-anak, Hawa sejuk

# Deskripsi :
Rawa Pening ("pening" berasal dari "bening") adalah danau sekaligus tempat wisata air dengan luas 2.670 hektare. Ia menempati wilayah Kecamatan Ambarawa, Bawen, Tuntang, dan Banyubiru. Rawa Pening terletak di cekungan terendah lereng Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, dan Gunung Ungaran.

Pemandian Muncul
* Lokasi : Desa Rowo Boni, Kec. Banyubiru
* Jarak tempuh :
o Pemandian Muncul - Kota Ungaran : 21 km
o Pemandian Muncul - Kota Semarang : 45 km
o Pemandian Muncul - Kota Ambarawa : 8 km

* Daya Tarik :
o Pemandian alam : Pemandian dengan sumber air alam, dimana mata airnya muncul dari dasar kolam
o Wisata Alam: Panorama alam dengan hawa yang sejuk

* Daya Dukung Wisata :
o Area parkir luas, disekitarnya banyak terdapat warung-warung dengan masakan khas ikan rawa

* Deskripsi :
Pemandian alam dari sumber air alami yang terletak di Desa Rowoboni. Kawasan Muncul dimanfaatkan sebagi obyek wisata yang menyajikan atraksi kolam renang, pembibitan dan pemacingan ikan. Pesona hamparan sawah yang dibelah oleh sungai kecil dengan panorama alam bukit Muncul.

Umbul Songo
# Lokasi : Desa Kopeng, Kecamatan Getasan
# Jarak tempuh :
* Kopeng - Kota Ungaran : 35 km
* Kopeng - Kota Semarang : 54 km
* Kopeng - Kota Salatiga : 14 km

# Daya Tarik :
* Wisata Alam: alam pegunungan dengan hawa yang sejuk(ketinggian 150 dpl)
* Kolam Renang: kawasan hutan pinus
* Area Perkemahan

# Daya Dukung Wisata :
* Transportasi mudah dijangkau (dengan kendaraan roda dua atau empat)
* Dilalui jalur bus umum jurusan Salatiga - Magelang
* Tersedia hotel melati disekitar obyek wisata

Kopeng
* Lokasi : Desa Kopeng, Kec. Getasan
* Jarak tempuh :
o Kopeng - Kota Ungaran : 25 km
o Kopeng - Kota Semarang : 45 km
* Daya Tarik :
o Wisata Alam: Panorama alam pegunungan lereng Gunung Merbabu dengan hawa yang sejuk.
o Pasar sayur dan buah

* Daya Dukung Wisata :
o Lokasi mudah dijangkau, area yang luas, dapat digunakan santai bersama keluarga.
o Hotel, Rumah makan, Kolam Renang
o dilalui jalur bus jurusan Salatiga - Magelang

* Deskripsi :
Terletak kurang lebih 14 km arah baratdaya dari kota Salatiga yang di kelola oleh Puskopad A Dam IV Diponegoro, terkenal dengan suasana dan panorama alam pegunungan yang menarik, terdapat berbagai fasilitas rekreasi, seperti bungalow, kolam renang, penginapan dan restoran yang dikelilingi taman bunga, kolam pemancingan serta bumi perkemahan. Pasar sayur mayur, buah-buahan dan tanaman hias hasil pertanian masyarakat sekitar serta cinderamata khas Kopeng

Langen Tirto Muncul

# Lokasi : Desa Rowo Bone, Kec. Banyubiru
# Jarak tempuh :
* Langen Tirto - Kota Salatiga : 7 km
* Langen Tirto - Kota Ambarawa : 8 km
* terletak di lereng gunung Gajah Mungkur

# Daya Tarik :
* Wisata Alam: Wisata alam yang dipadukan dengan wisata pendidikan.
* Kolam Pancing, Rumah Makan, Kebun binatang mini
* Lapangan Golf

# Daya Dukung Wisata :
* Tempat bermain anak-anak, Hawa sejuk
* Transportasi mudah
JogetJogetJoget SIP Jos

sumber: detik.com  
Quote this message in a reply
#1 04-04-2011, 09:13 PM
wah ternyata udah di share sama agan onkey. thx banget gan infonya, nice share.....salam  
Quote this message in a reply
#2 04-05-2011, 02:41 AM
banyak juga ya ternyata
mana ya yang aku belom pernah datengin?  

Quote this message in a reply
#3 04-05-2011, 09:36 AM
Ayo Gan datengin, banyak Objek foto tuh,, Jangan Ketempat jauh dulu Kalo yg deket aja belum Pernah he he,, Salatiga sebenernya Istimewa kok gan klo gak percaya tanya orang2 di Jakarta yg pernah dateng he he he  
Quote this message in a reply
#4 04-05-2011, 12:44 PM
yang siwarak ane belom pernah datengin gan :)
o iya tambag 1 lagi di ungaran, namane kampung lerep seni, keren lho  

Quote this message in a reply
#5 04-05-2011, 02:32 PM
suk kapan2 touring mubeng salatiga kie...
akeh sing rung tau... Joget  
Quote this message in a reply
#6 08-29-2011, 08:29 AM
(08-29-2011 08:29 AM)Andreas Babeh Wrote:  suk kapan2 touring mubeng salatiga kie...
akeh sing rung tau... Joget

ikutan kang :D
nebeng  

Quote this message in a reply
#7 08-29-2011, 08:41 PM
kliatannya salatiga butuh kbun binatang, mini gpp asal terawat dan nyaman..:D  
Quote this message in a reply
#8 01-01-2012, 09:56 AM
smentara ini yang ada ya Muncul gan itu Bonbin super mini he he,,, iya nich perlu yang lebih  
Quote this message in a reply
#9 01-01-2012, 11:21 AM
Post Reply 


[-]
Share/Bookmark (Show All)
Facebook Twitter

Possibly Related Threads...
Thread: Author Replies: Views: Last Post
Star Menikmati Pemandangan "Jalan Lingkar Baru Salatiga" onkey 14 8,041 07-20-2013 11:12 AM
Last Post: tengaindo
Tongue Apa Sih yang Bisa Dibanggakan dari Salatiga? Pak RT 23 8,441 07-20-2013 11:11 AM
Last Post: tengaindo
  Salatiga Laundry Salatiga Laundry 0 1,434 11-09-2012 05:51 PM
Last Post: Salatiga Laundry
Smile Wajah Ruko baru Salatiga 2011 onkey 49 10,569 04-03-2012 04:19 PM
Last Post: vennymusic
Star Buku Tentang Salatiga (Sejarah) Edy Supangkat onkey 14 5,730 04-01-2012 10:23 AM
Last Post: Uthex



User(s) browsing this thread: 1 Guest(s)

Contact Us | www.infosalatiga.com | Return to Top | Return to Content | Mobile Version | RSS Syndication